Friday, May 29, 2020

Apa Sih Revolusi Industri 4.0?

 

Era revolusi industri bukan dari hari ini, jauh jauh hari pada masa kita masih berhadapan dengan penjajah revolusi industri sudah berjalan.

Banyak teknologi baru ditemukan seperti listrik, lokomotif, energi nuklir, teleponn analog, radio, televisi, radar, satelit dan sebagainya. Setiap ada penemuan baru akan memicu pola baru industri sehingga industri itu akan memodifikasi budaya baru.


Revolusi Industri 4.0
Ilustrasi. Revolusi Industri 4.0 merambah semua bidang, termasuk maskapai penerbangan.

Tapi mengapa saat ini kembali ramai orang berbicara revolusi industri 4.0 atau juga ada yang menyebutnya dengan hanya industri 4.0. Sehingga bisa disebut industri 4.0 sedang viral kalau kita menggunakan istilah kaum milenial.

Mengapa istilah industri 4.0 menjadi ramai. Pertanyaan ini kembali menyeruak setelah terminologi revolusi industri dikaitkan dengan angka 4.0. Iya angka itu sama seperti versi dari suatu produk software versi 1, versi 2, versi 2.1 dan sebagainya. Produk versi 2 lebih canggih dari versi 1, produk versi 2.1 lebih canggih dari versi 2 dan seterusnya.

Berdasarkan definisi dari Wikipedia, Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Industri 4.0 menghasilkan “pabrik cerdas”. Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.

Perlu dipahami bahwa Revolusi Industri 4.0 adalah terminologi bidang ilmu sosial yang merekam perubahan pola dan cara orang dalam menjalankan kegiatan ekonomi dengan memproduksi produk dan jasa. Para pengambil kebijakan dalam pemerintahan tentu punya konsen untuk melihat perkembangan yang terjadi terkait dengan revolusi industri 4.0.

Bagi para teknisi teknologi informasi masih lebih tertarik untuk membahas perkembangan terbaru HTML5 atau CSS3. Hal ini masih lebih merangsang penasaran yang kuat dibandingkan dengan isu revolusi industri 4.0.

Memang revolusi industri 4.0 merupakan pola para industriawan mulai mengarahkan fokusnya kepada industri dalam bidang data dan telekomunikasi plus berbagai perangkat pendukung yang menyertainya.

Demikian juga birokrat yang meningkatkan performance kinerjanya dengan pengadaan sistem informasi sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan dan transparansi. Sehingga wajar saja kalau banyak pejabat bicara tentang industri 4.0, karena mau tidak mau perubahan zaman memaksa para birokrat memberikan pelayanan adi purna dengan bantuan teknologi informasi.

Data dan informasi yang baik dihasilkan dari sistem informasi yang baik juga. Kebijakan yang akan diambil akan tepat jika berbasis data dan informasi yang relevan dan tepat, sebagai upaya pengelolaan anggaran negara/daerah yang efesien dan efektif, sehingga kinerja pemerintahan dapat sesuai dengan harapan masyarakat luas.

Terima kasih sudah membaca: Apa Sih Revolusi Industri 4.0?
Share ke :
No comments:
Write comments