Dunia Internet Memasuki Era HTML5, Apa Itu?

Perkembangan dunia teknologi informasi telah memasuki era dokumen HTML5. HTML atau HyperText Markup Language adalah bahan baku utama dari halaman-halaman yang muncul di browser internet. Dunia World Wide Web (WWW) sebenarnya dibentuk dan diwarnai dari dokumen-dokumen halaman HTML.

Perubahan teknologi HTML ke HTML5
Ilustrasi. Perubahan teknologi HTML ke HTML5

Apa maksud dari HTML5 itu? HTML5 adalah pengembangan dari HTML, dengan menambahkan banyak hal baru. Sebelum dari HTML5 adalah HTML 4.01. Trandnya berbarengan dengan XHTLM 1.1.

Keberadaan HTML5 telah memberikan wajah baru dengan penambahan fitur baru dan yang terpenting adalah terjadinya penggabungan teknologi HTML4 dan XHTML 1.1 sehingga pustaka perintah pada HTML5 menjadi lebih kaya. Semua tag yang terdapat pada HTML4 dan tag XHTML 1.1 dapat digunakan dalam satu tubuh di HTML5.

Selain itu banyak penyederhanaan yang dilakukan pada HTML5. Salah satu penyederhanaan itu contohnya kebiasaan baru pada HTML5 adalah penulisan koding pembukaan dokumen menjadi lebih singkat, cukup dengan mengetikkan: <!DOCTYPE html>.

Contoh penyederhanaan lainnya adalah pada penulisan untuk koding CSS dan JavaScript. Pada HTML4 kebawah penulisan JavaScript harus diawali dengan :
<script type=”text/javascript”>

Sedangkan pada HTML5, cukup dengan mengetikan: <script > saja. Demikian juga CSS cukup mengetikkan <style> saja.

Penyederhanaan lainnya pada penulisa tag juga turut disederhanakan. Contoh penulisan untuk membentuk sebuah break (pemotongan) yang diawali dengan
<br> dan diakhiri dengan <br/> , pada HTML5 cukup ditulis <br> saja.

Kemudahan lainnya pada HTML5 adalah dalam hal penulisan tag-tag perintah diberikan kebebasan apakah menggunakan huruf besar atau huruf kecil. Perintah membentuk tabel dengan <tabel> atau <Tabel> sama saja.

Penulisa atribut yang berada di dalam tag juga tidak harus menggunakan tanda " (kutip) jadi cukup ditulis nama atributnya saja. Contoh <p class=pegawai> tetapi jika penulisan atribut mengandung spasi baru penghunaan tanda kutip wajib dilakukan, contoh <p class="pegawai office">

Fitur Canvas di HTML5

Ada lagi fitur yang cukup keren dan banyak digunakan programer untuk membuat game on line. Fitur ini ibarat kertas atau kanvas untuk media gambar, animasi, grafik atau sekedar tek. Objek di canvas bisa digerakkan dengan menggunakan kode javascript.

Banyak sekali sekarang game-game yang diciptakan berbekal HTML5, bahkan game-game canggih yang dapat dimainkan secara multi player dan tampilan gambar yang artistik.

Sebenarnya banyak lagi perubahan yang terjadi pada HTML5 tidak dapat dibahas semua dalam tulisan ini. Intinya teknologi HTML5 diperkaya pustakanya dan dipermudah penulisan. kodingnya.