Saturday, July 25, 2020

Cara Mengkompres File ke Bentuk ZIP di Android

 

Sudah umum sekarang ini smartphone tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga sebagai alat untuk bekerja menggantikan keberadaan komputer. Tentu memang tidak semua hal dapat dilakukan komputer, tetapi setidaknya sudah lebih banyak hal dapat dilakukam di sebuah smartphone.

ZIP Files
Ilustrasi. ZIP Files

Termasuk juga dalam hal kirim mengirim file sudah mulai banyak dilakukan di sebuah handphone. Fleksibelitas dan portobelitas sebuah smartphone memang tidak bisa terkalahkan. Apalagi untuk smartphone high end tentu memiliki kemampuan ysng lebih mumpuni.lagi untuk menjadi perangkat kerja.

Sering kali kita diminta untuk mengirimkan file cuma ada kendala karena file yang harus dikirimkan berukuran besar. Selain pengiriman file besar memboroskan paket data, proses pengirimannya juga lebih lambat dan ada potensi gagal kirim.

Cara yang paling efektif dan efesien adalah dengan mengecilkan file terlebih dahulu baru dikirim. File di kompres menjadi bentuk yang lain yang lebih ringkas.

Ada dua kompresi yang bisa digunakan, yaitu.dikompres menjadi zip file atau juga bisa juga menjadi rar file. Kompresi file yang umum digunakan adalah di zip. Sebenarnya ada aplikasi di luar Android untuk melakukan kompres, seperti aplikasi RAR, tentu tidak perlu repot karena di Android sudah ada.

Ada fitur di sistem operasi Android untuk melakukan kompresi file ke dalam bentuk zip. Bagaimana caranya, silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini.

Pertama siapkan file yang akan dikirim. Masuk ke menu File Manager atau File Saya. Fitur File Saya biasanya ada pada gatget-gatget produk Samsung.

Kalau menu tersebut tidak ada di Android ponsel Anda. Untuk memanajemen file bisa download pada Play Store untuk menggunakan aplikasi lain diluar Android, misalnya Files by Google, Amaze File Manager, File Manager, Root Explorer dan sebagainya. Pada berbagai aplikasi di atas memiliki kemampuan untuk mengompres file.

Langkah kedua setelah file yang akan dikirim didapatkan, tap dan pilihlah file tersebut. Kemudian masuk ke menu titik tiga pada pojok kanan atas layar.

Langkah ketiga, tap dan pilih folder tersebut dan tap titik tiga pada pojok kanan atas, kemudian pilih Menu Ubah.

Langkah keempat. Pada Menu Ubah tersebut terdapat pilihan Menu ZIP. Silahkan tap ZIP.

Silahkan ketik nama file zip yang akna dibuat.

Langkah kelima. Selanjutnya kita diminta memasukkan nama file zip yang kita inginkan. Silahkan ketik nama dan tap Oke.

Jika file yang akan dikirim lebih dari satu, maka bisa dimasukkan dulu ke sebuah folder, jadi buat folder baru masukkan file-file yang akan dikirim, baru di kompress.

File zip dengan nama yang sudah kita ketik tadi sudah jadi. Lihat ukuran filenya lebih kecil. Setelah ini bisa kita kirim sehingga proses pengiriman lebih cepat dan lebih menghemat paket internet.

Terima kasih sudah membaca: Cara Mengkompres File ke Bentuk ZIP di Android
Share ke :
No comments:
Write comments