Apakah Daftar Kontak WhatsApp Anda Sudah Terenkripsi End to End?

Keamanan dan kenyamanan media komunikasi sangat penting bagi para pengguna sosial media seperti WhatsApp, sehingga Pengembang WhatsApp terus berupaya untuk meningkatkan berbagai jurus 'security' yang handal.

Enkripsi End-to-End WhatsApp
Enkripsi End-to-End WhatsApp

Salah satu metode yang sudah dikembangkan di aplikasi WhatsApp adalah penggunaan enkripsi end-to-end WhatsApp  yang memastikan komunikai dua arah tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga. Informasi hanya dapat dibaca oleh komunikator dan komunikan. Data digital yang lalu lalang di server dan jaringan provider hanya data digital yg sudah teracak dengan enkripsi rahasia yang tidak mudah untuk di terjemahkan.

Penggunaan metode enkripsi ini digunakan juga di media sosial lain, misalnya ...tetapi WhatsApp secara terbuka memberikan informasi ke pengguna chatnya bahwa komunikasi yang berjlalan sudah dilindungi dengan enkripsi end to end.

Agar dapat memastikan metode enkripsi end to end ini berjalan di perangkat WhatsApp yang kita gunakan, maka kita harus memeriksa apakah daftar kontak yang terdaftar di aplikasi WhatsApp kita sudah menjalankan enkripsi tersebut.


Cara Mengaktifkan Enkripsi Di Daftar Kontak

Sebenarnya metode enkripsi end to end sudah secara otomatis dijalankan, tetapi belum tentu hal tersebut bisa langsung dipastikan. Untuk komunikasi yang sifat rahasia atau masalah transaksi keuangan dan hubungannya dengan perbankan lebih baik kita periksa kepastiannya.

Ada beberapa tahapan untuk memastikan berjalannya enkripsi tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Masuk ke room chat dari kontak yang akan kita cek.
2. Langkah berikutnya ketuk nama kontak.
3. Ketuk lagi pada enkripsi. Dari sini kita akan melihat satu set angka yang berbeda bersama dengan QR Code.
4. Sampai tahap ini merupakan tahap yang penting yaitu Anda meminta kontak untuk memindai kode QR  atau Anda sendiri yang melakukan pemindaian kode QR agar semua proses komunikasi harus melalui proses enkripsi end-to-end terlebih dulu.

Kode ini dapat ditemukan di layar info kontak, sebagai kode QR dan angka 60 digit. Kode ini bersifat unik bagi setiap chat dan dapat dibandingkan dengan orang-orang yang berada dalam setiap chat untuk memverifikasi bahwa pesan yang Anda kirim ke chat tersebut terenkripsi secara end-to-end. Kode keamanan hanyalah versi terlihat dari kunci spesial yang dibagikan di antara Anda dan kontak Anda - dan jangan khawatir, ini bukanlah kode yang sebenarnya, karena kode tersebut akan selalu tetap dirahasiakan.

Sewaktu-waktu, kode keamanan yang digunakan di enkripsi end-to-end mungkin berubah. Hal ini biasanya disebabkan karena Anda atau kontak Anda memasang ulang WhatsApp atau mengganti telepon.

WhatsApp akan secara otomatis memberitahukan perubahan kode keamanan kepada pihak lain jika terjadi perubahan. Untuk kembali mengaktifkan enkripsi maka Anda harus kembali melakukan verifikasi, seperti gambar dibawah ini:
Verifikasi kode keamanan WhatsApp
Verifikasi kode keamanan WhatsApp

Fitur enkripsi tidak hanya untuk chat saja tetapi juga untuk panggilan audio yang binery datanya akan dilakukan enkripsi pada proses pengiriman data ke pendengar audio, kemudian setelah sampai media komunikasi pendengar baru aplikasi WhatsApp melakukan dekripsi sehingga suara kembali seperti semula yang dapat didengar oleh lawan bicara.

Komunikasi sudah dapat dipastikan menjalankan enkripsi end to end setelah di dalam 'room chat' terdapat pesan: 'Pesan yang dikirim ke chat ini dan panggilan diamankan dengan enkripsi end-to-end, yang berarti WhatsApp dan Pihak Ketiga tidak dapat membaca dan mendengarkannya'.

Pesan tersebut berada pada bagian atas dari pesan-pesan chat yang sudah dalam proses perlindungan enkripsi end to end. Penasaran apakah pesan-pesan anda selama ini sudah diamankan? Silahkan diperiksa.