Siemens Kembangkan MRI dengan Teknologi AI

Ilutrasi. Mesin Operasi merk Siements (Photo Wikimedia Commons)

Teknologi magnetic resonance imaging (MRI) yang diproduksi perusahaan Siemens Healthineers dipadukan dengan teknologi artifisial intelegen (AI) untuk mendapatkan hasil pemindaian yang lebih cepat dan lebih baik.

Dua produk perusahaan Siemens ini diberi nama Magnetom Altea (1,5 Tesla) dan Magnetom Lumina (3 Tesla) yang sudah diluncurkan pada pertengahan Juli 2019.

Kecanggihan MRI buatan perusahaan yang berpusat di Berlin dan München ini meningkatkan kenyamanan pasien dalam proses pendeteksian penyakit melalui radiologi.

Pengembangan MRI ini didasari oleh kecemasan pasien pada saat masuk didalam ruangan sempit pada saat pemindaian. Alat model lama juga mengharuskan pemindaian dengan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan data biamatrix yang baik.

Kemampuan AI pada teknologi MRI Siemens telah merubah pola pemindaian secara cerdas dan terintegrasi sehingga walaupun pemeriksaan lebih cepat, tetapi kualitas hasil pemindaian justru semakin baik.

Selain itu produk ini sudah ada tambahan fitur infotaiment in-bore yaitu berupa tampilan layar seperti tv yang menayangkan video atau mendengarkan musik favorit yang dipilih pasien dan dapat ditonton pada saat pemindaian berlangsung. Dengan cara ini pasien merasa nyaman dan tidak merasa sedang dalam proses pemeriksaan kesehatan.