Saturday, July 25, 2020

Cara Menyembunyikan Nama Hotspot (SSID) Internet Tetring, Agar Tidak Diakses Orang Lain

 

Anda biasa berbagi paket internet dengan keluarga menggunakan fitur tetring atau hotspot seluler? Seandainya Anda tinggal di lingkungan padat penduduk, maka wifi Anda berpotensi untuk digunakan oleh orang lain yang tidak dikehendaki. Sekarang ini banyak aplikasi yang bisa mencaplok paket internet orang lain secara ilegal, melalaui akses wifi orang lain.

Hotspot Seluler
Ilustrasi. Hotspot Seluler

Begitu hotspot diaktifkan maka ada nama  Service Set Identifier (SSID) yang di broadcast oleh ponsel kita, sehingga orang sekitar kita dapat menemukan nama tersebut dengan mudah. Dengan mudah nama itu didapat saat orang lain menghidupkan fitur wifi di ponselnya. Dari sini wifi internet dari tetring ponsel kita digunakan orang lain tanpa izin.

Lain halnya kalau memang Anda berniat beramal dan iklas paket internet Anda digunakan tetangga, apalagi anak tetangga Anda menggunakannya untuk menjawab PR sekolah yang pembelajarannya melalui daring. Hal ini tentu sangat mulia dan sangat membantu tetangga, tetapi bagaimana kalau digunakan untuk bermain game yang boros memakan data? Oleh karena itu perlu juga jaringan internet kita disembunyikan hanya kita yang tahu.

Bagaimana cara menyembunyikan nama SSID wifi kita tersebut? Hot spot wifi tetap berjalan dan dapat digunakan, tetapi nama SSID hotspot tidak dapat dideteksi oleh orang lain, sehingga tidak ada pencurian akses internet.

Sistem operasi Android telah memberikan cara untuk mengatur tetring/hotpot seluler Anda dengan aman. Cara menyembunyikan nama SSID tersebut sebagai berikut.

Cara Menyembunyikan Nama SSID di Ponsel yang Melakukan Tetring

Pertama tap menu hotspot seluler atau tetring ponsel Anda. Selanjutnya pilihlah Menu Rincian, maka akan keluar tampilan Konfigurasi Hotspot Seluler, seperti di bawah ini:

Ketikan nama SSID Hotspot Anda
Di bagian atas muncul nama SSID hotspot yang kita buat, kemudian dibagian bawah ada menu opsi untuk sembunyikan perangkat kita. Silakan dipilih agar nama SSID tidak dibroadcast.

Cara Mendapatkan Nama SSID di Ponsel yang Ingin Mendapat Koneksi Internet
Lantas kalau tidak terlihat didaftar hotspot bagaimana cara untuk melakukan koneksi ke internet, karena saat keluarga kita mengakses melalui wifi nama SSID dari hotspot dari seluler tersebut tidak terdaftar.

Contoh saja namanya Kafe Boss. Untuk memunculkan nama Kafe Boss tersebut di daftar wifi ponsel keluarga kita caranya sebagai berikut. Contoh saja namanya Kafe Boss.

Pertama aktifkan wifi pada ponsel anak kita (ini misalnya anak kita), setelah aktif maka pada tampilan daftar Kafe Boss tidak terlihat dan terdaftar.

Kedua. Pada bagian bawah daftar hotspot sekitar kita yang muncul ada Menu Tanda plus dan tambah jaringan, silahkan tap tambah jaringan. Kemudian akan muncul permintaan untuk memasukkan nama jaringan (nama SSID). Silahkan diketik nama Kafe Boss. Pengetikan nama ini harus persis sama, misalnya huruf K pada Kafe Boss huruf besar, maka harus ditulis huruf besar.

Ketiga. Setelah nama Kafe Boss masuk didaftar wifi, maka tinggsl tap saja untuk melakukan koneksi seperti biasanya.

Untuk selanjutnya nama Kafe Boss sudah secara otomatis muncul. Selama tidak ada perubahan nama SSID di ponsel Anda maka koneksi akan berjalan normal.

Terima kasih sudah membaca: Cara Menyembunyikan Nama Hotspot (SSID) Internet Tetring, Agar Tidak Diakses Orang Lain
Share ke :
No comments:
Write comments