Monday, May 25, 2020

IBM dan Intel Tercatat Sebagai Pelopor Teknologi Komputer

 

Sejarah perkembangan teknologi komputer Amerika Serikat (AS) tidak bisa dilepaskan dari sejarah Perusahaan IBM (International Business Machine) yang sebelumnya bernama Computing-Tabulating-Recording Company (CTR).

IBM yang didirikan pada 16 Juni 1911 oleh Charles Ranlett Flint ini telah sejak awal menjadi DNA segala seluk beluk perintisan teknologi komputer tidak hanya di AS tetapi juga dunia.

Mulai dari legenda komputer pertama yang dibuat pada tahun 1945, yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang diciptakan oleh angkatan bersenjata AS, dengan tim yang dipimpin oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr.

Awalnya digunakan untuk menghitung akurasi sasaran senjata jarak jauh untuk menghancurkan musuh, tetapi pada akhirnya teknologi ini menjadi cikal bakal teknologi komputer dunia. Komputer pertama ini berbobot 30 ton dan membutuhkan lahan seluas 1800 kaki persegi.

Mesin ini juga menghisap listrik yang sangat besar 175.000 watt. Kemampuan hitungnya sebanyak 5000 kali perdetik. Pada masa itu mesin ini sudah luar biasa cepat. Sebagai perbandingan kecepatannya hanya 1/10.000 dari kecepatan note book modern.

Dari sini IBM bersama Texas Instrumen juga mulai melakukan penelitian dan eksperimen dengan konduktor silikon qiartz sebagai pengganti tabung hampa pada komputer ENIAC. Besar dan bobot ENIAC menjadi greget tersendiri bagi para peneliti IBM.

Penemuan dan pengembangan konduktor silikon juga dilakukan diluar IBM. Seperti yang dilakukan oleh Robert Noyce. Percobaan Noyce berupa teknik penggabungan intrumen dengan menggunakan sirkuit komponen elektronik dalam suatu keping silikon kecil. Resitor, kapasitor, dioda, dan triode disusun menjadi paket kemasan kecil. Semua komponen saling terhubung dan terlindungi lapisan silikon oksida. Inilah cikal bakal Integrated Electric Circuit yang kedepannya lebih sering disebut Integrated Circuit ( IC).

Penemuan IC sangat mewarnai perkembangan teknologi komputer pada masa-masa berikutnya. Penemuan ini mendorong Robert Noyce mendirikan perusahaan Intel pada tahun 1968. Intel inilah yang fokus pada pengembangan intrumen yang pada akhirnya disebut sebagai processor.

Kerjasama IBM dan Intel terjadi untuk menciptakan personal computer yang lebih efesien dan berkinerja cepat. Inilah pondasinya teknologi komputer setelah itu melesat dalam beberapa dekade sampai akhir millenium dua dan plus dua dekade setelah millenium dua.

Momentum paling bersejarah berikutnya dari kemajuan IBM adalah pada April 1964, IBM memperkenalkan IBM System/360 sebagai PC yang sudah diproduksi secara masal dan yang sangat populer pada masa itu.

Sampai titik ini tidak ada yang dapat menghilangkan peran IBM dan Intel dalam setiap tahapnya. IBM telah menjadi icon perkembangan teknologi sampai akhir millenium dua. Sedangkan Intel menjadi pelopor teknologi processor sejak empat dekade sebelum millenium dua dan sampai sekarang.

Terima kasih sudah membaca: IBM dan Intel Tercatat Sebagai Pelopor Teknologi Komputer
Share ke :
No comments:
Write comments