Thursday, May 28, 2020

Ingin Browsing Aman? Gunakan Browser Berfitur Incognito

 

Incognito
Ilustrasi. Incognito

Kenyamanan dan keamanan data pribadi mulai menjadi kebutuhan para nitizen. Aktivitas browsing dari tahun ke tahun mulai mengarah kepada keperluan e-commerce yang semakin besar.

Saat ini nitizen tidak sekedar mendapatkan informasi dan akses komunikasi saja tetapi juga menjadikan browser sebagai pasar. Ada juga yang menjadikan browser sebagai perbankan, bahkan menjadikan browser sebagai bursa saham. Maka patutlah kita menggunakan browser yang aman dan melindungi data pribadi dan data aktivitas transaksi kita.

Disisi lai para pengembang browser juga sudah mulai meningkatkan kemampuan produknya pada aspek keamanan. Salah satu caranya adalah pengembangan protokol keamanan incognito atau juga yang menggunakan istilah private mode atau privacy mode dan ada juga yang menyebut private browsing.

Modul incognito melakukan akses penyamaran dengan enkripsi data pribadi dan aktivitas data transaksi. Mode incognito juga men-disable browsing history dan juga tidak meninggalkan web cahce. Mode ini juga tidak meninggalkan lokasi atau penyamaran lokasi dan IP pengguna. Selain itu mode juga tidak meninggalkan jejak cookies dan flash cookies.

Bagi para penjahat fishing yang berusaha mendapat data ilegal perbankan atau transaksi e-commerce mode incognito ibarat ladang kering yang menjadi musuh mereka.

Pada umumnya criminal cyber hanya mencari sasaran empuk yaitu para pengguna e-commerce yang masih baru dan belum faham teknologi.

Apa saja browser yang sudah menggunakan fitur teknologi incognito?

Ada berbagai macam browser yaitu browser Google Crome, UC Browser, Mozila, Safari dan beberapa browser modern lainnya. Semua browser itu harus melakukan seting terlebih dahulu sebelum memanfaatkan fitur incognito. Oke sementara baru dibahas apa incognito, kedepan cara seting incognito.

Terima kasih sudah membaca: Ingin Browsing Aman? Gunakan Browser Berfitur Incognito
Share ke :
No comments:
Write comments