Televisi Menjadi Layar Aplikasi Android

Pandemi Covid19 menyebabkan kita terpaksa selalu berada dirumah. Hanya keperluan penting saja kita keluar rumah. Tentunya berada dirumah saja sering membuat bosan. Salah satu cara untuk menghindari kebosenan adalah menikmati hiburan di rumah. Televisi adalah salah satu medianya, tapi mungkin bosan dengan acaranya dan banyaknya iklan. Mungkin Anda ingin merasakan televisi dalam bentuk yang lain.

XBox
XBox merk X96mini
Sebenarnya televisi dapat diubah menjadi media hiburan yang lebih semarak. Kali ini kita akan mencoba layar televisi menampilkan hiburan yang ada di smartphone. Untuk itu mari coba merubah layar televisi biasa dapat menampilkan output sistem operasi Android, melalui peralatan sejenis XBox atau smartphone.

Pada televisi model baru terdapat konektor data dalam bentuk HDMI. Melalui konektor inilah kita dapat menghubungkan media yang menjalankan sistem operasi Android dengan televisi. Ada tiga cara untuk melakukan hal itu; pertama dengan menggunakan kabel HDMI to mini USB, kedua dengan menggunakan.

Anda ingin mencoba menonton video dari aplikasi seperti Youtube atau Netflix. Ingin mencoba berkomunikasi visual dengan Zoom, menjalankan aplikasi WhatsApp atau aplikasi android lainnya di televisi; sehingga gambarnya lebih besar dan suaranya lebih menggelegar dibandingkan dengan menonton dihandphone. Apalagi kalau ukuran layar sudah sangat lebar seperti 40 inc ke atas plus speaker aktif stereo serasa menonton di bioskop.

Selain aplikasi Youtube, Netflix atau aplikasi untuk menonton video lainnya, televisi yang dapat menjalankan sistem operasi Android juga dapat menjalankan game seperti layaknya sebuah smartphonr. Tentu dengan dukungan peripheral keyboard dan mouse, atau lebih keren lagi menggunakan alat sejenis joystick atau steer. Permainan game dengan menggunakan layar televisi ini serasa berada di Game Zone di mall.

Jadi bagaimana cara memindahkan aplikasi Android ke televisi? Ada beberapa cara untuk itu. Cara pertama dengan menggunakan XBox, bisa juga dengan menggunakan kabel konektor dan cara berikutnya dengan menggunakan alat HDMI bluetooth.

Untuk mencari alternatif yang paling murah adalah dengan menggunakan kabel HDTV yang menghubungkan kabel HDMI ke konektor USB type C yang ada di handphone, kelemahannya terpaksa smatrphone kita menjadi medianya. Harga kabel HDTV berkisar 30 sampai dengan 150 ribu.

Alternatif kedua dengan menggunakan HDMI bluetooth yang masih murah juga, tetapi jika dibandingkan dengan cara sebelumnya tentu lebih mahal sedikit. Sayangnya masih tetap menggunakan media seperti smartphone. Untuk Anda yang sibuk bisnis dengan menggunakan smartphone cara pertama dan kedua ini tidak direkomendasikan. Dengan HDMI bluetooth kita mengeluarkan kocek dengan perkiraan dari Rp. 100 ribuan sampai dengan Rp. 300 ribuan.

Cara lain yang lebih nyaman dan tidak mengganggu handphone kita adalah dengan menggunakan XBox. peralatan XBox dapat menjalankan sistem operasi Android yang penampilannya dapat dinikmati di televisi melalui konektor HDMI. Peralatan XBox sama seperti smartphone yang memiliki RAM, memori  dan perangkat grafis. Tentu harganya lebih mahal karena dipasaran xBox yang low-end berkisar Rp. 250 ribu, bahkan untuk spec yang sangat baik xBox bisa seharga satu jutaan.