Google Menyediakan Aplikasi Kamera Penerjemah Bahasa

Pergaulan di dunia internasional mengharuskan kita mengetahui bahasa atau simbol tulisan negara-negara lain, sementara kita memiliki keterbatasan kemampuan bahasa negara lain yang demikian beragam. Google tahu permasalahan ini dan juga memahami kebutuhan translasi semua bahasa yang kita temui atau hadapi ke bahasa yang kita pahami.

Google Menyediakan Aplikasi Kamera Penerjemah Bahasa
Ilutrasi. Kamera Penejemah.

Perusahaan global ini telah menyediakan aplikasi secara web yang telah biasa kita gunakan dengan mengetik key word “translate” atau “terjemahkan”. Kali ini kita akan bahas aplikasi lain yang penggunaannya berbeda dengan fitur translasi versi web.

Aplikasi kali ini berjalan di OS Android yang dapat kita download secara gratis di Play Store bername Google Terjemahan.

Keunggulan yang cukup unik dari aplikasi ini adalah dapat menterjemahkan bahasa melalui kamera handphone. Kamera handphone kita arahkan pada objek simbol-simbol huruf berupa tulisan yang ingin diketahui artinya, kemudian arti dari tulisan bahasa asing tersebut muncul dilayar handphone.

Untuk sementara ini aplikasi tersebut mampu menterjemahkan 60 bahasa-bahasa di dunia. Seperti bahasa Melayu, Indonesia, Arab, Turki, Inggris, China, Jepang, Korea, Thailand, Vietnam, Prancis, Italia dan bahasa negara -negara didunia lainnya.

Jangan kaget ternyata aplikasi Google ini juga sanggup untuk menterjemahkan bahasa daerah di Indonesia, seperti bahasa Sunda dan Jawa.

Kalau kita mau jalan-jalan keluar negeri aplikasi ini sepertinya wajib diinstal. Sehingga kita bisa tahu arti tulisan dijalan. Kita tidak direpotkan dengan selalu bertanya.

Penulis sedang membayangkan Google menerapkan teknologi ini menjadi bagian dari Internet of Thing dengan menerapkannya pada sebuah kaca mata pintar. Semoga Google dengar.