Oppo Patenkan Jam Tangan Layar Lipat dan Gulung

Ada kabar teknologi baru dari Oppo yang telah mempatenkan jam pintar layar lipat pada World Intellectual Property Office (WIPO).

Jam Tangan Lipat Oppo (Image credit: LetsGoDigital)
Pengembangan teknologi gatget pintar kedepan memang diramalkan akan semakin bergeser juga ke gatget yang semakin kecil.

Pergeseran teknologi perangkat pintar ke jam tangan ini tentunya hanya menggapai pangsa pasar para penggemar jam tangan. Tentu pangsa pasarnya tidak sebesar pasar hand phone pintar berkamera.

Pergeseran teknologi perangkat pintar ke jam tangan ini karena jam tangan yang secara fisik cukup kecil tetapi pengembangan teknologi nano yang cukup berhasil ini mampu menerapkan dan menciptakan processor yang bisa diimplan ke sebuah jam tangan.

Kesuksesan itu salah satunya pada produk jam pintar Imoo Watch Phone. Kesempatan untuk ikut menggapai pasar ini juga akan diikuti oleh Oppo yang sudah berhasil melakukan penetrasi pasar untuk produk handphone pintar berkamera selfie.

Salah satu upaya OPPO itu adalah dengan mengembangkan jam tangan pintar berlayar lipat. Perangkat ini dalam Paten OPPO berjudul ‘perangkat elektronik yang dapat dipakai’ yang diterbitkan pada September 2018 lalu.

Layar jam yang sangat kecil menjadi tantangan sendiri bagi OPPO sehingga produknya ini berfitur layar jam yang dapat dilebarkan dengan design lipat, sehingga area display jam dapat lebih luas. Selain lipat Oppo juga memproduksi jam tangan yang bisa digulung.

Fitur lain dalam jam tangan Oppo ini yaitu; pemosisian berdasarkan GPS, Base Station (BS), Wi-Fi, kamera, dan beberapa fitur lainnya. Jam tangan pintar Oppo ini sudah banyak ditemui dipasaran.

Konsep jam pintar Oppo ini adalah bagian dari Internet of Thing (IoT) yang menjadi pegangan bagi para industriawan era terkini.

Kita tinggal menunggu perangkat yang dipakai sehari-hari yang lain seperti pena, kacamata, jas dan kemeja, ikat pinggang bahkan juga sepatu tinggal menunggu mendapatkan gelar ‘pintar’.Bagaimana dengan kamera? Kamera sudah berlalu dan menjadi bagian dari revolusi handphone berkamera.