Friday, May 29, 2020

Mengapa Dua Komputer Dalam Jaringan Tidak Terkoneksi?

 

Sering kali kita mengalami kesulitan dalam menghubungkan dua komputer dalam satu lingungan LAN yang sama, tetapi tidak bisa terkenoksi dengan baik. Sebenarnya apa saja penyebab yang mungkin tidak disadari sehingga berbagai upaya itu gagal koneksi?

Ilustrasi. Hub pada jaringan dengan kabel UTP.
Koneksi ini khusus untuk jaringan infrastruktur yang menggunakan device hub yang mempunyai beberapa lubang utp. Ada huh yang mempunyai 4 lubang, 8 lubang, bahkan ada yang mempunyai 16 lubang utp.

Pertama, yang harus dicek dalam memastikan bahwa koneksi komputer berjalan baik adalah sambungan kabel utp tidak masalah. Dua komputer yang berkomunikasi tentu membutuhkan minimal dua kabel utp dan 1 buah hub. Cek dulu apakah dua kabel ini tidak bermasalah. Kalau Anda ragu sebagiknya tukar dengan kabel lain yang masih dalam kondisi baik dan berfungsi. Untuk menguji apakah kabel tersebut baik bisa menggunakan alat seperti LAN tester RJ atau wire tracker. Kalau Anda mau beli dipasaran sekitar Rp. 100 ribu sampai Rp. 300 ribu.

Kedua, Anda juga harus memastikan device hub atau router yang digunakan berfungsi. Pastikan lampu pada hub yang menandakan lubang kabel utp yang sedang dipakai hidup. Kalau lampu lednya mati ini berarti tidak ada sambungan yang terjadi antara kabel dan hub.

Ketiga, pastikan IP kedua komputer berada pada grup yang sama. Misalnya Komputer A memiliki IP : 192.168.2.5, maka IP yang kedua juga berada pada group yang sama misalnya Komputer B memiliki IP : 192.168.2.6. Perhatikan angka 2 (dua) pada blok ketiga IP tersebut sama-sama dua. Ini artinya kedua komputer berada pada group yang sama. Komunikasi bisa terjadi jika group LAN/WAN yang sama. Jika komputer B, misalnya memiliki IP : 192.168.3.6, maka tidak akan terjadi koneksi antara dua komputer tersebut, hal ini karena Komputer A berada pada group LAN 2 sedangkan komputer B beraada pada group LAN 3.

Untuk sementara tiga hal ini yang sering menjadi masalah dalam komunikasi jaringan di LAN. Oke salam Webbasemedia!

Terima kasih sudah membaca: Mengapa Dua Komputer Dalam Jaringan Tidak Terkoneksi?
Share ke :
No comments:
Write comments