Ingin Rapat Daring? Menggunakan Zoom Meeting atau Google Meet?



Wabah pandemi Corona Virus 2019 atau yang lebih dikenal dengan Covid19 turut mempengaruhi pola pertemuan rapat secara tatap muka mrenjadi rapat on line atau yang semskin akrab kita sebut "daring" dengan menggunakan tools/aplikasi dan jaringan internet.

Google Meet
Ilustrasi. Google Meet

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam rapat dan webbiner dengan cara virtual daring adalah aplikasi Zoom Cloud Meeting. Penggunaan aplikasi ini pada berbagai pertemuan baik di instansi swasta maupun di instansi pemerintahan semakin marak.

Berbagai pemberitaan mengenai rentannya sistem keamanan aplikasi Zoom ternyata tidak terlalu memberikan dampak, karena pengguna selama ini masih merasa aman untuk digunakan.

Disisi lain Perusahaan Google juga telah menciptakan aplikasi sejenis yang bernama Google Meet yang sebelumnya bernama Google Hangouts Meet dengan berbagai pembaharuan untuk meningkatkan kenyataman dalam rapat.

Google Meet diklaim mampu menyediakan dan mnampilkan 16 video peserta rapat masuk dalam satu grid layar. Tentunya sama dengan Zoom Meeting kalau peserta banyak rapat lebih banyak, maka video yang tampil akan dibuat tab-tab perhalaman.

Kedua aplikasi memiliki kemampuan serupa yaitu bisa dijalankan dalam berbagai flatform, seperti komputer, laptop, smartphone Android, smartphone iOS, XBox Android, ponsel yang memiliki browser internet dan sebagainya.

Kedua aplikasi sama-sama memiliki fitur yang menjaga kenyamanan dalam rapat menyediakan bagi host atau moderator rapat untuk mengaktifkan atau tidak mengaktifkan microfon dan video peserta. Demikian juga dengan peserta rapat yang dapat melakukan hal yang sama untuk aplikasinya saja.

Dari persamaan diatas ada perbedaan yang mendasar antara Zoom Cloud Meeting dan Google Meet, yaitu pada cara mengumpulkan peserta rapat atau untuk mengundang peserta rapat/meeting.

Pada Aplikasi Zoom peserta rapat diundang dengan memberikan link Zoom ber-ID akun host atau bisa juga dengan memberikan ID akun Zoom Meeting dan juga passwordnya.

Pada Google Meet cara mengundang mirip dengan akun medsos pada umummya dengan terlebih dahulu mengikat pertemanan (koneksi akun) terlebih dahulu atau mendapatkan tautan dengan akun lainnya. Setelah tautan didapatkan maka kita akan mendapatkan nomor dan PIN teman.

Cara lain kita juga dapat menshare nomor dan PIN kita untuk mengundang teman. Anda tinggal menawarkan kepada teman Anda apakah bersedia melakukan video conference bersama dengan teman yang sudah terkoneksi Google Meet lainnya.

"Jaga komunikasi tim Anda dengan konferensi video tingkat perusahaan yang dibuat dengan infrastruktur global Google yang aman dan canggih", demikian klaim dari Perusahaan Google melalui situs gsuite.google.co.id.

Aplikasi mana yang akan Anda pilih tentu semuanya tergantung Anda, karena masing-masing memiliki kelebihan dan juga kelemahannya.