Teknologi CRISPR/Cas Untuk Mengedit DNA Manusia?

Bisakah DNA manusia di rancang ulang, diubah atau direkayasa sehingga menjadi DNA baru?

Ternyata penelitian ini masih berlangsung dan untuk menghasilkan editan DNA itu peneliti merancang sebuah alat yang bernama CRISPR (clustered regularly interspaced short palindromic repeats) yang memungkinkan manusia untuk merancang DNA sesuai dengan keinginan seperti yang dikutip dari situs Live Science.


DNA manusia dalam bentuk protein terpilin dapat dipotong di Deoxyribonucleic acid (DNA) atau Asam deoksiribonukleat manusia. Teknologi ini dapat memungkinkan peneliti mempelajari misteri yang tersimpan dalam sel-sel DNA manusia secara lebih mudah, karena DNA manusia merupakan susunan yang sangat komplek dan rumit.

Penelitian ini kalau berhasil tentu akan merevolusi bidang genetika dan sel. Teknologi ini bisa digunakan untuk memberikan harapan baru pada pasien kanker. Catatan perencanaan tubuh pada DNA untuk perintah membangun sel kanker baru yang mutan dapat diedit atau dihapus.  Cara ini tentu akan memperbaiki teknik pengobatan kanker yang sekarang ini ada yaitu sekedar mematikan sel kanker yagn sudah tumbuh pada tubuh manusia, tetapi tidak benar-benar memperbaiki sumber masalahnya yang berada pada DNA manusia.

Teknologi ini juga memungkinkan orang tua dapat berharap mendapatkan anak super cerdas dengan meniru DNA manusia cerdas yang pernah ada. Demikian juga mendapatkan anak dengan fisik yang super atletis atau sangat tampan dengan contoh DNA manusia yang diharapkan.

Apakah teknologi ini sudah masuk dalam dunia terapan? Teknologi ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan teknik perubahan dan pemotongan DNA ini bukan tidak mungkin beresiko negatif juga pada tubuh manusia. Banyak hal yang belum diketahui dalam susunan DNA, sehingga pemotongan DNA bisa saja justru berakibat fatal, sehingga teknologi ini masih dilarang diterapkan di rumah sakit.

Comments

Post Menarik Lainnya