Monday, May 25, 2020

Mulai Mengantuk? Matikan Akses Internet HP Anda!

 

Kesibukan dan aktifitas kita sehari-hari membuat kita tidak memperdulikan aktifnya data pada smartphone kita. Sebenarnya ada banyak hal yang terjadi dan sering tanpa kita sadari pada pada handphone kita disaat kita istirahat malam hari.

Sebagian besar permasalahan pertama yang terjadi adalah pemborosan data paket internet kita, apalagi jika paket data internet kita tidak tergolong unlimited. Kedua ada potensi keamanan terhadap ponsel kita dan yang ketiga adalah handphone kita akan rentan, aus dan mudah rusak. Oke mari kita membahasnya.

Keamanan HP di malam hari
Sering kita menjadikan ponsel sebagai teman menjelang tidur, saat sedang membaca isi pesan WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram atau aplikasi lainnya, mata kita terasa kantuk dan kemudian kita tertidur dalam kondisi banyak aplikasi terbuka dan akses data internet dihandphone kita masih aktif.

Apa yang terjadi pada ponsel kita itu? Sebenarnya hampir semua aplikasi yang sifatnya perpesanan akan terus menghantarkan paket informasi secara terus menerus, terlepas kita sedang aktif membaca ataupun tidak, mengklik tautan atau tidak dan juga saat kita tidak sedang menggeser layar. Sesungguhnya ada dan terus terjadi transfer data.

Kejadian lain pada gerai kita saat kita sedang lelap tidur tetapi akses data internet kita masih aktif adalah sering terjadi juga malware dari aplikasi-aplikasi game atau aplikasi lainnya dari produk non resmi bawaan standar ponsel kita seperti mummy bangun dari tidur panjang.

Untuk menjaga keamanan data kita maka sebaiknya kita hanya mendownload aplikasi dari tempat yang resmi dan kredibel, seperti Google Play Store contohnya, atau yang resmi lainnya. Pada Google Play Store aplikasi yang masuk sudah melalui proses pemeriksaan yang ketat melalui prosedur Google Security. Bahkan pada tahun 2017 dari prosedur ini Google Play Store sudah menghapus lebih dari 700.000 aplikasi yang memiliki masalah yang mengganggu pengguna.

Virus, malware atau ada juga sejenis spyware yang terbawa atau terinfeksi pada aplikasi yang bermasalah itu melakukan akses terhadap banyak fungsi, konten dan data dalam ponsel kita. Lebih serius lagi melakukan pengiriman informasi secara senyap pada server yang tidak sama sekali kita kenali

Aktivitas berbagai kejadian yang tidak kita sadari itu juga akan menguras batrai dan terjadi penyusutan kualitas handphone kita. Ini juga yang menyebabkan gerai yang kita beli secara mahal tersebut sering cepat rusak.

Jadi untuk menghindari banyak kerugian yang tidak kita sadari tersebut sebaiknya matikan akses paket data internet kita. Kalau kita tidak yakin akan ada telpon dadakan dimalam hari malah lebih baik kalau handphone kita juga dimatikan, sehingga saat kita istirahat hp kita juga istirahat.


Terima kasih sudah membaca: Mulai Mengantuk? Matikan Akses Internet HP Anda!
Share ke :
No comments:
Write comments