Wednesday, May 27, 2020

WordPress CMS dengan Sejuta Fleksibelitas

 

CMS WordPress
CMS WordPress

Bagi para Blogger pemula pemilihan CMS untuk mengembangkan situsnya menjadi sangat penting. Banyak blog terbengkalai akibat putus asa untuk menjadikan sebuah blog yang menarik dan terus menantang.

Worpress salah satu CMS terkenal didunia dengan pengguna yang banyak dan fanatik. Pengguna WordPress yang sudah terpapar fleksibelitas CMS ini akan sulit untuk pindah kelain hati.

Sampai saat ini CMS WordPress menjadi platform bagi website-website besar dan terkenal. Banyak situs yang canggih diawali dengan WordPress yang pada akhirnya dilakukan modifikasi besar disana sini dan menjadi flatform baru yang bersifat eksklusif. Bahkan ini terjadi pada portal-portal berita terkenal ditanah air.

Hal yang paling mendasar dari fleksibelitas WordPress adalah dukungan dan support yang luar biasa atas tema, flugin dan widget. Berbagai ulasan tentang WordPress juga bertaburan di cyber space bagai bintang dilangit.

Para pemula yang mulai menggunakan WordPress tidak banyak mengalami kendala, dan selalu menemukan hal baru dengan mudah beradaptasi dan mampu berkreatifitas walaupun secara otodidak.

Berbeda dengan CMS lain semisal Joomla, Drupal ataupun Blogger Blogspot. Tantangan dan kendala akan terjadi saat berbagai setting dan perubahan design memaksa Pengguna untuk menghadapi kode-kode HTML, PHP, CSS dan Javascript.

Manajemen situs dengan kemudahan membangun dan mengelola post-post artikel dan halaman juga menjadi pilihan. Keunggulan sistem manajemen konten memungkinkan siapa pun untuk membuat dan mengembangkan website yang menarik tanpa keharusan untuk memahami kode-kode bahasa pemprograman web.

Proses awal belajar membangun situs berbasis WordPress dapat dilakukan pada komputer lokal di localhost pada server Apache. Bisa dengan aplikasi Wamp atau Xampp. Untuk tahap berikutnya bisa dilakukan pada sebuah cpanel hosting berbayar.

Kehebatan fleksibelitas pada WordPress adalah efesiennya dashboard admin untuk melakukan kustomisasi. Jika terhubung dengan internet sumber daya berbagai resource juga dengan mudah terakses. Mulai dari pilihan tema, plugin dan wigget.

Proses kustomisasi dapat dilakukan hanya dengan drag dan drop. Semua proses terlihat secara visual. Tidak terlihat sedikitpun kode untuk diedit, semua sudah terintegrasi secara visual.

WordPress juga terkenal akrab dengan engine perayapan text dan konten mesin pencari Google, sehingga penulisan pada artikel secara cepat terindex dan muncul di pencarian Google. Optimalisasi konten dan kemudahan manajemen SEO agar situs berada pada peringkat yang baik dimata mesin pencari Google.

Terima kasih sudah membaca: WordPress CMS dengan Sejuta Fleksibelitas
Share ke :
No comments:
Write comments