Beberapa Alasan Mengapa Pengembang Aplikasi Cendrung Menggunakan MySQL

Saat ini boleh dikatakan bahwa MySQL menjadi open-source relational database management system (RDBMS) yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para pengembang aplikasi. MySQL awalnya dikembangkan oleh Michael Widenius bersaudara.

RDBMS ini merupakan Structured Query Language yang paling umum digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis webbase.


MySQL
MySQL

Sebenarnya apa sich kelebihan MySQL yang menjadi daya tarik bagi para pengembang dibandingkan dengan RDBMS lain.

Berikut ini beberapa alasan bagi para pengembang untuk lebih cendrung menggunakan MySQL, yaitu:

Fleksibel

MySQL dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop maupun aplikasi web dengan menggunakan teknologi yang bervariasi. Ini artinya MySQL memiliki fleksibilitas terhadap teknologi yang akan digunakan sebagai database aplikasi. Para pengembang bisa menggunakan bahasa pemprograman yang sangat beragam seperti  PHP,  JSP, Delphi, C++, atau bahasa pemrograman lainnya.

Memiliki Performa Tinggi

MySql memiliki kemampuan untuk memproses query dengan hasil yang cepat. Data transaksi dalam database diproses dengan ringan dan efesien dengan terhubung ke aplikasi secara simpel dan mudah. Aplikasi akan terasa berperforma tinggi dan responsif.

Lintas Platform

MySQL dapat digunakan pada banyak platform yang beragam dan  dapat berada pada lingkungan yang dinamis baik itu pada sistem operasi windows ataupun pada sistem operasi linux atau UNIX. Ini artinya migrasi data dapat dilakukan secara lebih mudah dan efesien.

Gratis

MySQL dapat digunakan secara gratis. Meskipun gratis tetapi software ini sangat tangguh. Untuk perusahaan yang komersil sebenarnya MSQL juga ada yang bersifat berbayar dengan tambahan layanan yang lebih banyak dan teknikal support.

Keamanan Data yang Handal

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting, sehingga banyak pengembang yang sangat selektif untuk memilih sistem database (RDBMS) yang paling aman dan mumpuni. Banyak fasilitas keamanan untuk manajemen user, enskripsi dan sebagainya yang mudah dan efektif untuk melindungi data. Pengembangan data juga disuport oleh banyaknya komunitas yang memberikan masukan terhadap adanya hole yang membahayakan sehingga dapat segera dibuatkan solusinya.

Memiliki Komunitas yang Banyak

Banyak pengguna MySQL yang ikut terlibat dalam berbagai proyek bersama dan memiliki komunitas yang luas. Komunitas ini sangat penting untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk menyelesaikan sebuah proyek dengan lebih mudah. Berbagai script, fungsi atau prosedur yang dapat digunkan secara gratis memudahkan para pengembang untuk menulis kode aplikasi untuk mengakses MySQL.

Komunitas ini menjadi wadah untuk berdiskusi tentang berbagai permasalahan selain sebagai tempat bersilaturahmi antar para pengembang aplikasi. Bahkan forum ini juga menjadi media berbagi proyek pengembangan aplikasi secara on line.


Comments

Post Menarik Lainnya