Awasi Aktifitas Aplikasi Asing di Komputer Kita tanpa Aplikasi Tambahan

Jangan merasa bahwa komputer kita berjalan aman-aman saja, karena kalau kita menganggap seperti ini maka akan akan banyak potensi malware, Trojan, virus jahat yang berjalan melalu aplikasi yang pernah kita instal dapat merusak system komputer kita, mencuri data, menghapus data atau upaya untuk mengendalikan komputer kita tanpa kita sadari.

Ilustrasi. Menu Windows Task Manager
Berbagai file aplikasi yang ada dalam komputer kita sebaiknya jangan kita percaya 100% sebagai aplikasi yang baik. Ada yang memang berjalan sebagaimana umumnya aplikasi seperti aplikasi game, tetapi dibalik peran aplikasi itu sebagai game yang menarik, terkadang ada juga yang menjalankan agenda lain untuk kepentingan Si Pembuat.

Aktifitas tersembunyi dari file atau aplikasi yang ada di dalam komputer kita berjalan secara hiden agenda atau yang dalam istilah umum dalam dunia TI adalah aplikasi resident. Aplikasi resident bekerja melalui latar belakang system op-erasi dan tanpa interface. Interface antar muka yang muncul hanyalah  interface dari aktfitas game atau perangkat tools yang memang diketahui fungsinya oleh pengguna/pemilik komputer, sehingga pengguna tidak  menyadari bahwa file atau aplikasinya menjalankan agenda lain yang merusak system pada komputernya.

Ada banyak motif bagi seorang hacker. Motif yang paling ringan adalah sekedar untuk menjalankan aktifitas iseng atau sekedar unjuk gigi agar kemampuannya diketahui oleh orang banyak. Misalnya mahasiswa informatika yang sedang belajar ilmu komputer untuk  mengetahui bagaimana virus bekerja dan bagaimana cara penanganannya.

Motif yang sangat berbahaya dan merusak adalah seperti umumnya  virus, malware atau Trojan bekerja. Misalnya dengan melakukan pemantauan terhadap aktifitas keyboard untuk menangkap kata sandi, pin kartu kredit atau pin ATM.  Aktifitas lainya juga bisa menangkap informasi yang diketik di Microsof Word, NotePad atau aplikasi spreadsheet lainnya. Bisa juga dengan melakukan pencurian kode cahce dan cookies dari aktifitas penggunaan password akun email atau media sosial pengguna.

Semuan informasi  yang didapatkan bisa dikirimkan ke hiden IP hacker atau server hacker atau akun cloud hacker yang berada dilokasi lain. Server yang digunakan untuk mengumpulkan informasi belum tentu juga server dari seorang hacker tetapi server korban lain yang sudah diretas.

Aplikasi gelap tersebut juga bisa melakukan perusakan terhadap Sistem Operasi kita melalui akses-akses di system operasi kita di boot sector, bahkan juga dapqat merusak BIOS dari komputer kita yang berakibat fatal.

Banyak aplikasi gelap yang tidak jelas dapat kita download dari berbagai tempat melalui,  internet, bisa juga mendapatkan file dari patner kerja, dari teman kuliah, dari pacar atau juga dari group-group di media social yang tersebar secara bebas. Jangan mudah untuk melakukan instalasi dari file-file yang tidak jelas.

Bagaimana cara mendeteksi dari file dan atau aplikasi yang berjalan di komputer kita. Sebenarnya semua Sistem Operasi (OS) memiliki cara untuk melihat aktifitas berbagai aplikasi yang berjalan di memori RAM komputer atau laptop. Contohnya untuk system operasi Windows dari berbagai versi lama sampai ke versi Windows 10 yang terbaru sudah ada.

Cara Melakukan Pengecekan Aplikasi Aktif

Untuk melakukan pengecekan tidak dengan aplikasi tambahan tetapi cukup dengan fasilitas yang ada pada system operasi Windows yang sudah ada, yaitu Windows Task Manager. Untuk memanggil menu ini cukup dengan menekan tombol kombinasi tiga tombol, yaitu : Ctrl – Alt – Del. Setalah muncul menu tersebut seperti dibawah ini:

Menu Windows Task Manager
Ilustrasi. Menu Windows Task Manager

Cek berbagai aplikasi yang sedang aktif di komputer Anda dengan melihat yang berada di daftar Windows Task Manager pada menu Proses. Disitu terlihat informasi nama file dan user name akun windows kita yang aktif. Sebagian besar nama yang ada mungkin tidak familier bagi kita, tetapi setidaknya kita dapat mengenal nama-nama yang belum pernah ada, kemudian muncul. Seperti contoh pada gambar diatas ada file dengan nama Hantu Ngesot.exe. Nama ini misalnya kita anggap sebelumnya tidak pernah ada, tetapi sekarang kok ada, maka hal ini patut dicurigai.

Sebagai langkah pengamanan anda bisa melakukan penyetopan aktifitas file/aplikasi tersebut dengan mengarahkan kursor ke nama file yang dicurigai itu, seperti gambar dibawah ini:

Menu Windows Task Manager
Ilustrasi. Menu Windows Task Manager
Setelah itu lakukan klik kanan maka akan keluar menu seperti ini:

Menu Windows Task Manager
Ilustrasi. Menu Windows Task Manager
Pada menu seperti yang  terlihat diatas ada beberapa pilihan silahkan klik pilihan End Process. Jika sekali klik tidak mempan lakukan beberapa kali, klik kanan pilih End Process dan klik. Biasanya setelah dua tiga kali langkah tersebut dilakukan maka file asing tersebut akan berhenti  proses dan hilang dalam daftar di menu Windows Task Manager.

Oke silahkan Anda coba sendiri di komputer Anda.