Tablet Samsung Galaxy Tab A Murah Meriah Cocok Untuk Anak

Brand Samsung sebenarnya sangat kuat di smartphone, tetapi untuk versi tablet dengan budget yang tidak merongrong kantong juga sudah mulai dipikirkan vendor Korea ini. Salah satu produk yang bermain di market share tablet murah meriah adalah Samsung Galaxy Tab A.

Tablet Samsung Galaxy Tab A
Tablet Samsung Galaxy Tab A 8.0 2019.
 
Ada pertanyaan mengapa Vendor Samsung yang sudah banyak mendominasi di smartphone ingin masuk ke pasar tablet murah meriah? Ternyata akan dapat dijawab setelah kita melihat fitur aplikasi yang ditambahkan didalam tablet Samsung Galaxy Tab A ini. Sepertinya Samsung mengharapkan pasar pemakai anak-anak dan pelajar dapat menggunakan tablet ini untuk bermain dan belajar.

Sebelum membahas ke fitur Beranda Anak masi kita bahas dulu seperti apa spesifikasi dari tablet besutan Samsung ini, seperti dibawah ini:

Prosesor : Qualcomm Snapdragon 429 Memory : 32GB/ 2GB
Layar : 8 Inch TFT WXGA TFT (1280 x 800 pixel)
Kamera utama 8 MP (dibelakang)
Kamera Selfie 2 MP (didepan)
Baterai : 5100 mAh
Support Jaringan Komunikasi : 4G LTE
Audio : Double Speaker (Dual Speaker Stereo)

Sedangkan untuk sarana system operasi dan software yang khusus disediakan dalam tablet Samsung Galaxy Tab A 8.0 2019 ini yaitu:

Sistem Operasi : Android 9.0 (Pie)
Fitur Tambahan : Samsung Kid (Beranda Anak)

Sebelum Samsung Kids dapat digunakan pada saat pertama pemakaian tablet ini harus terlebih dahulu diaktifkan dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:

Pertama geser layar dari bagian atas kebawah sehingga muncul menu-menu seperti ini:

Cara mengaktifkan Beranda Anak
Dari menu ini ada beberapa pilihan biaasnya kalau kita ingin mengaktifkan mode terbang, bluetooth, data seluler dan sebagainya selalu masuk ke menu ini. Spesial untuk tablet Samsung Galaxy Tab A ini ada menu khusus yaitu Beranda Anak. Untuk mengaktifkan fitur khusus untuk anak tersebut silahkan tap Beranda Anak. Untuk pertama kalinya sistem untuk Beranda Anak ini akan dilakukan penginstalan.

Tampilan pertama proses penginstalan menu Beranda Anak seperti dibawah ini:

Beranda Anak Samsung Galaxy Tab A
Masuk ke Fitur Beranda Anak Samsung Galaxy Tab A
Untuk mulai menginstal tinggal tap saja Lanjut kemudian tinggal ditunggu proses penginstalan sekitar 1 sampai 5 menit tergantung dari kecepatan internet. Jika proses penginstalan selesai maka akan muncul menu Beranda Anak seperti ini:

Menu Beranda Anak
Sebenarnya sebelum masuk ke menu ini kita diminta nomor password untuk orang tua. Maksudnya agar anak kita tidak bisa dengan mudah langsung masuk ke menu perangkat yang utama dan melakukan akses terhadap konten-konten yang tidak layak untuk anak-anak. Fitur Beranda Anak ini memang dikhususkan bagi orang tua yang khawatir kalau anak-anak dapat mengakses konten yang tidak cocok untuk usianya.

Selain diminta kode password untuk orang tua, ada juga menu untuk menentukan lamanya anak-anak bermain gatget agar anak-anak tidak terlalu lama bermain gatget yang tidak baik secara fisik dan mental.