Cara Memantau Aktifitas Anak Kita Melalui WhatsApp Web

Anak remaja zaman now ini memang sudah berbeda dunianya, jika dibandingkan dengan anak remaja dalam satu atau dua dekade lalu. Anak lebih sibuk dengan handphone, seperti mengerjakan PR sekolah untuk tugas daring, bermain game on line bareng teman-temannya atau juga bermodsos ria.

Aktifits anak menggunakan gatget
Ilustrasi. Aktifits anak menggunakan gatget.
Untuk urusan berteman baik itu teman rumah atau teman sekolah mereka juga sering membuat group di WhatsApp. Terkesan sekarang ini kalau seorang remaja tidak ada group di media social bisa dibilang anak kuper alias kurang pergaulan.

Di sisi lain sebagai orang tua tentu kita khawatir dengan pergaulan anak zaman sekarang ini. Kita tahu betapa berbahayanya narkoba, pergaulan bebas, nonton yang “aneh-aneh” atau hal yang berbahaya lainnya bagi tumbuh kembang seorang anak remaja.

Kalau sedang bergaul dengan teman-teman sebenarnya apa saja sich yang dikerjakan? Apa saja yang dikerjakan? Kepo ya Ortu… Yah itu hal yang wajar karena orang tua tentu menginginkan anak-anaknya baik-baik saja.

Media social seperti WhatsApp sebenarnya bisa dipantau melalui WhatsApp Web. Dengan bermodalkan laptop/notebook ataupun juga ponsel bisa mengakses akun WhatsApp anak kita di aplikasi browser seperti Crome, Firefox, Opera, Safari atau lainnya.

Bagaimana caranya?

Bunda atau Ayah yang sedang kepo ingin tahu pergaulan anaknya bisa menyiapkan sebuah komputer atau laptop. Kemudian buka sebuah browser apa saja, misalnya Crome.

Kemudian pada URL ketikan tautan :  https://web.whatsapp.com atau bisa juga dengan masuk ke Mbah Google kemudian ketik “wa web” kemudian Google akan menyajikan yang paling atas web.whatsapp.com silahkan diklik saja.

Kemudian dilayar browser akan keluar tulisan : To User WhatsApp On Your Computer dan dibagian kanan  ada square code (QR Code)  yang harus ditangkap layar atau dipindai gatget (ponsel) anak kita.

Yah silahkan Ayah dan Bunda pinjem dulu handphone anaknya.  Yah pura-pura mau menghitung belanjaan menggunakan kalkulator ponsel  atau pura-pura lihat tanggal di kalender ponsel. Kalau untuk urusan gini pasti pinter Bunda-nya lah yaa..

Setelah ponselnya berhasil dipinjem silahkan buka aplikasi WhatsApp ponsel anak tersebut, kemudian lihat pada menu di pojok kanan atas ada tiga titik. Silahkan tap, kemudian pilih menu WhatsApp Web. Kemudian ada perintau untuk melakukan pemindaian kode QR.

Silahkan pindai kode QR yang ada pada WhatsApp Web yang sudah tersedia di komputer/Laptop dengan menggunakan ponsel anak pada kotak pemindaian yang sudah tersedia.

Setelah berhasil melakukan pemindaian silahkan ponselnya dikembalikan ke anaknya, takut kalau kelamaan anak kita curiga.

Perhatikan di Aplikasi WhatsApp Web yang sudah membuka seperti layaknya tampilan WhatsApp ada daftar kontak, ada group dan sebagainya. Akan terlihat anak kita baru mengirim pesan ke siapa?  Dan baru menerima pesan dari siapa? Terlihat juga obrolan dari teman-teman anak kita di group.

Oke silahkan melakukan pemantauan, tetapi jika anak kita tau layanan aplikasi WhatsApp Web akan terhenti jika dari setingan WhatsApp Web yang ada di ponsel diputuskan.  Kalau dia tidak tahu maka proses pemantauan bisa berlangsung dengan aman.