Thursday, July 23, 2020

Lupa Password Pola atau PIN pada Ponsel Android? Ini Dia Tipnya!

 

Ponsel sudah menjadi bagian dari privasi pengguna. Dari keberadaan aplikasi keuangan dan perbankan, aplikasi photo, aplikasi media sosial, games dan lain-lainnya yang menampung informasi yang sangat pribadi bagi pengguna.

Password Pola
Password pola (pola pattern) pada ponsel Android.
Hal inilah yang menyebabkan produk-produk smartphone menyiapkan berbagai metode login ke sistem operasi Android agar pengguna merasa aman. Bahkan sudah banyak smartphone yang menggunakan pinger print atau face recognation untuk mengenal pemilik ponsel.

Tetapi ada juga pengguna yang lebih tertarik untuk sekedar menggunakan password pola untuk mambuka handphone Android. Aplikasi pola bisa menggunakan aplikasi bawaan atau juga dengan menggunakan aplikasi yang diinstal dulu.

Banyak juga yang mengalami pola password Android lupa, sehingga tidak bisa membuka ponselnya sendiri. Ya namanya manusia ada saja kealfaannya. Dicoba berulang-ulang dengan pola yang berbeda sambil mengingat-ingat tetap saja gagal untuk masuk. Sistem Android selalu memberi pesan, "pola yang anda masukkan salah".

Apakah ada solusi untuk membukanya? Ada dan itu tidak sulit. Cara ini memerlukat komputer atau ponsel lain untuk membuka akun Google yang aktif di ponsel yang password polanya kita lupa. Seperti kita ketahui Google adalah pemilik dari Sistem Operasi Android, tentu sistem Google memiliki akses spesial untuk masuk ke sistem Android.

Setelah kita membuka komputer atau ponsel lain yang terkoneksi internet. Langsung saja kita ke url browser apa saja (bisa Crome, Firefox, Safari atau lainnya) dan pastekan tautan berikut ini: https://www.google.com/android/devicemanager. Setelah link tersebut terakses maka akan ada permintaan untuk memasukan password akun Google. Ingat password yang digunakan adalah password akun Gmail Google yang aktif pada ponsel yang lupa polanya tersebut. Silahkan isi passwordnya.

Kita akan masuk pada menu Device Manager yang mengarahkan pada halaman yang memberi informasi singkat ponsel kita. Selain itu pada halaman tersebut ada Menu Lack. Silahkan tap atau klik jika anda membuka akun dengan komputer. Setelah itu akan muncul permintaan untuk memasukkan password PIN baru untuk mengganti password pola atau password PIN yang sudah tidak kita ingat lagi itu.

Setelah kita memasukkan password baru melalui jaringan internet sistem Google mampu untuk melakukan perubahan ke password baru tersebut ke sistem operasi Android pada pinsel kita itu.

Proses ini bisa berjalan baik jika ponsel kita tadi terkoneksi dengan internet. Jika wifi masih aktif posisikan ponsel tersebut di area yang ada hotspot wifinya. Jika sistem operasi Android sudah menerima informasi dari Google, maka sistem Android akan merubah password pola atau PIN menjadi password PIN baru yang kita masukkan melalui akun Google tadi.

Terima kasih sudah membaca: Lupa Password Pola atau PIN pada Ponsel Android? Ini Dia Tipnya!
Share ke :
No comments:
Write comments