Mengenal Apache HTTP Server Bagi Pemula

Apache HTTP Server adalah system operasi dari web server yang akan menjadi host dari file-file aplikasi web dan lokasi dari tempat menyimpan metadata Database Manajemen System (DBMS) seperti MySQL, Juga menjadi host dan menyimpan metadata dan dokumen-dokumen email.

XAMPP For Windows
XAMPP For Windows salah satu aplikasi yang menjalankan Apache.

Melalui Apache web server seorang administrator web dapat mengendalikan, menseting sistem keamanan dan melakukan maintenance aplikasi web. Bagi yang biasa berkerja di dunia teknologi informasi khusus menangani server, aplikasi apache sudah jadi 'makanan' sehari-hari.

Apache juga akan menjadi media komunikasi antara aplikasi web atau situs dengan aplikasi browser (Crome, Firefox, Safari dan lainnya) yang digunakan oleh pengunjung web. Apache juga bersifat lintas flatform yang dapat dibaca oleh sistem operasi Unix, Windows, Linux, Android dan yang lain.

Apa yang muncul diaplikasi browser baik itu tek, gambar atau video merupakan kerjasama Apache dan browser. Apache menyediakan dan mengirim data, sedangkan browser melalui permintaan via HTTP dan HTTPS menterjemahkan apa yang tersedia di aplikasi web dan menuliskannya di halaman browser.

Apache ini adalah software web server yang dapat dipakai secara gratis dan merupakan proyek open source yang dikoordinasikan oleh Apache Software Foundation (ASF), sebuah badan nirlaba yang baru saja berulangtahun yang ke-20 sejak saat dibangun pada Juni 1999. Melalui organisasi ini berbagai ide untuk pengembangan Apache HTTP Server dikolaborasikan.

Apache Software Foundation yang awalnya dibentuk di Delaware, Amerika Serikat ini merupakan komunitas open sources terbesar di dunia, karena pengembangan software Apache yang dikembangkan secara open development banyak mendapat sambutan dari programer dari berbagai negara. Mereka ikut membantu mengembangkan bersama meningkatkan kemampuan Apache, memperbaiki bug, menutup celah kelemahan security dan sebagainya.

Sebuah aplikasi webbase yang dibuat dengann HTML atau PHP atau gabungan keduanya maka harus memiliki server untuk menyimpan database yang akan diakses baik oleh internet maupun hanya digunakan secara local LAN atau local WAN. Aplikasi web yang berada di Apache juga memiliki kemampuan untuk mengakses database lain diluar MySQL Apache, seperti SQL Server milik Microsoft, MS Access, Postgres, Oracle dan lain-lain. Keberadaan bahasa pemprograman PHP meningkatkan kapabilitas aplikasi web untuk mengakses database lain di luar MySQL.

Ada beberapa macam software Apache yang paling banyak digunakan adalah XAMPP dan selain itu ada juga WAMP. Apache menjadi sentral dari proses yang dilalui oleh aplikasi tersebut dan menempatkan file-file aplikasinya dalam folder htdoc yang menjadi standar dari XAMPP, sedangkan untuk aplikasi WAMP file-file aplikasi akan diletakkan di folder www sebagai standar.

Di dalam XAMPP juga sudah ada MySQL yang menjadi tempat penyimpanan dan menjalankan fungsi sebagai database (RDBMS). Selain itu didalam XAMPP juga ada aplikasi Mercury yang berfungsi menjalankan email. Fitur lain pada XAMPP ada FileZilla yang berfungsi sebagai FTP (File Transfer Protocol). FTP digunakan sebagai transfer file antar client dan server pada komputer (server) web hosting.