Tiga Aplikasi Keuangan yang Cocok untuk Pengusaha UKM

Ingin membangun usaha baik itu jasa atau dagang membutuhkan pelayanan yang prima. Usaha apa pun dengan pelayanan yang berkualitas dan profesional akan mendukung kesuksesan. Usaha rumah makan, pencucian mobil, servis mobil, toko retail, perawatan kucing, salon kecantikan, kafe, pangkas rambut, lokasi wisata, rental sepeda atau usaha apapun membutuhkan pelayanan yang parupurna.

Usaha UKM
Ilustrasi. Usaha UKM yang perlu mendapatkan dukungan dan sentuhan teknologi digital.

Salah satu upaya untuk membangun brand yang baik pada usaha kita adalah dengan menyediakan kasir dan mesin kasir yang efektif, berproses cepat, mudah dan kredibel.

Banyak perusahaan besar membangun aplikasi keuangannya sendiri untuk proses penjualan, manajemen persediaan, penggajian karyawan, utang piutang sampai dengan pelaporan keuangan. Tentu koorporasi besar mudah melakukan itu karena bermodal besar.

Bagaimana dengan usaha kecil? Adakah cara agar tetap dapat menggunakan aplikasi yang efektif tetapi berbiaya murah atau bahkan gratis. Jawabannya adalah ada dan tersedia untuk digunakan secara gratis.


Sering kita dilayani oleh seorang pramu di sebuah rertoran atau gerai food court dengan membawa sebuah tablet yang menanyakan makanan apa yang akan kita pesan. Kemudian pramu itu akan mengetikan kuliner yang kita pesan. Di tempat lain seorang juru masak sudah menerima informasi makanan apa yang sudah dipesan dan harus segera dimasak atau disediakan. Di tempat lain lagi seorang kasir sudah menerima informasi pesanan dan berapa nilai rupiah yang akan diterima oleh kasir. Sementara seorang administrator keuangan sudah siap mendapatkan informasi laporan keuangan yang dapat dilihat dan dicetak kapan saja dibutuhkan.

Semua proses itu ada dalam menu-menu didalam aplikasi yang sangat mudah digunakan dan juga gratis. Sudah tersedia di Play Store untuk pengguna Android atau di Apple Store untuk pengguna iOS. Ada beberapa aplikasi keuangan yang dapat mendukung usaha kecil menengah (UKM) dengan hanya bermodal smartphone atau tablet yang dapat diunduh secara gratis. Beberapa aplikasi tersebut sebagai berikut:

1. Moka Pos

Aplikasi ini merupakan aplikasi keuangan yang cukup handal dan terbilang canggih untuk UKM. Tersedia untuk sistem operasi Android dan juga iOS. Aplikasi Moka Pos dapat digunakan untuk pelayanan transaksi keuangan di kasir, memanajemen persediaan (inventory) untuk usaha retail dan restoran. Bahkan aplikasi ini juga dapat menghasilkan laporan keuangan secara realtime.

2. Omega Pos

Omega Pos menyediakan fitur untuk transaksi kasir yang terkoneksi dengan fitur persediaan yang menyediakan informasi stok barang dan fitur untuk mendapatkan laporan keuangan seperti Laporan Rugi Laba dan juga neraca. Aplikasi ini sangat cocok untuk UKM dalam bentuk retail seperti mini market, toko, warung dan juga cocok untuk usaha gerai food cort, rumah makan padang atau restoran lainnya.

3. Square Register

Bagi yang ingin fokus pada fitur untuk pelayanan kasir tetapi sangat canggih karena dapat digunakan juga untuk transaksi non tunai maka aplikasi ini sangat tepat. Kelebihan yang sangat menonjol pada aplikasi ini fitur kasirnya dapat melayani kartu kredit dan juga kartu debit. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk menyediakan data stock barang dan pengelolaan data barang. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Android dan juga sistem operasi iOS.