Cara Mengamankan Akun WhatsApp dengan Fitur Verifikasi Dua Langkah

Keamanan media sosial semakin banyak menjadi perhatian pengguna, karena peretasan media sosial berpotensi digunakan untuk hal-hal yang merugikan pengguna baik secara finansial maupun dampak kerugian lainnya.
akun WhatsApp dapat dibajak.
Ilustrasi. Hati-hati akun WhatsApp dapat dibajak.

Akun yang seharusnya sangat pribadi itu didapaat digunakan oleh hacker untuk berkomunikasi dengan rekan kerja korban, keluarga atau patner bisnis. Misalnya dengan permintaan pengiriman uang, pulsa, atau transaksi lainnya yang lebih merugikan lagi.

Pengguna juga dapat kebobolan data penting yang pernah dikirimkan dalam komunikasi yang pernah dilakukan. MIsalnya nomor rekening bank, pin kartu ATM, informasi kartu kredit, rahasia bisnis atau perusahaan.

Pengguna juga dapat dirugikan akibat hacker melakukan posting yang melanggar hukum, misalnya posting gambar-gambar asusila dan sebagainya. Untuk itulah sebuah akun pribadi harus benar-benar dijaga agar tidak disalahgunakan.

Hal ini menjadi perhatian pengembang WhatsApp dengan menyediakan fitur verifikasi dua langkah yang menggunakan pengamanan security ganda, sehingga tidak mudah bagi hecker untuk menjebol dan mengendalikan akun kita. Teknik pengamanan akun ini sudah lama juga digunakan di akun Google.

Bagaimana cara melakukan seting verifikasi dua langkah (two step verification)? Untuk melakukan seting tersebut pertama-tama masuk ke menu tiga titik yang ada dikanan atas antar muka WhatsApp. Pada menu tersebut pilih Setelan, selanjutnya ketuk Akun, kemudian pilih menu Verifikasi Dua Langkah.

Pada tahap ini kita dapat melihat apakah fitur verifikasi dua langkah sudah diaktifksn atau belum. Jika belum maka dibagian bawah ada menu Aktifkan. Ketuk pilihan tersebut. Lalu kita diminta memasukkan 6 digit pin rahasia akun kita. Kemudian diminta ulang lagi sebagai konfirmasi.

Sampai tahap ini kita diminta memasukkan email kita yang masih aktif. Silahkan masukkan email anda. Email ini sangat penting untuk digunakan sebagai email verifikasi kalau seandainya pin kita dijebol oleh hacker.

Oke silahkan dicoba.

Comments

Post Menarik Lainnya