Hati-hati Kalau Ponsel Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Semakin meningkat penggunaan ponsel maka ponsel akan lebih panas dan baterai cepat terkuras habis, tapi bagaimana jika penggunaan ponsel biasa saja tetapi temperatur ponsel lebih panas dari biasanya. Selain itu baterai juga semakin boros. Ini tentu ada sesuatu yang tidak beres.

Virus cs di Ponsel
Ilustrasi. Virus cs di Ponsel

Ancaman vitus tidak terlihat secara nyata tetapi ada indikasi yang bisa kita jadikan sinyal. Panasnya ponsel kita menunjukkan ada aktifitas prosesor dan sibuknya RAM menjadi tempat lalu lalang data. Aktifitas tinggi pada ponsel juga menghabiskan cadangan baterai. Sinyal ini jelas menunjukkan ada aktifitas gelap yang dijalankan virus, malware, adward, trojan, spyware atai worm. Sangat banyak ya..Jadi kita sebut saja virus cs.

Pada tahap berikutnya ponsel mulai melambat, satu dua aplikasi kalau dibuka mulai ngadat, bahkan semakin tidak memberikan respon. Pada tahap berikutnya ponsel benar-benar mati, atau kalaupun hidup tidak bisa dimatikan kecuali jika baterai dicabut.

Kalau sudah seperti ini terpaksa menggunakan fitur kembali ke setelan.pabrik. Ini bisa dilakukan kalau ponsel masih bisa dihidupkan walaupun lambat proses menuju setelan pabrik masih dapat dilakukan. Bagaimana kalau sudah mati? Terpaksa kalau sudah seperti ini dibawa service center. Kalau garansinya masih aktif ponsel masih aman. Kalau sudah habis terpaksa harus diservis dengan membayar jasa. Masih bagus kalau upaya ini berhasil memperbaiki ponsel kita.

Ada juga kerusakan yang benar-benar parah karena dampak dari virus cs juga sampai merusak hardware, sehingga tempat service juga angkat tangan. Ini sangat tidak kita harapkan, karena hp masuk daftar hp mati ditangan.

Oleh karena itu sebelum semuanya terjadi seperti yang kita harapkan ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan sebelum kondisi ponsel semakin buruk.

Langkah pertama yang dapat kita lakukan cabut kartu celuler kita dan matikan koneksi wifi, karena virus cs bekerja untuk mengumpulkan data dan mengirimkan data ke suatu tempat. Dengan langkah ini satu aktifitas berbahaya virus terhenti dan setidaknya proses kerja ponsel bisa lebih cepat.

Langkah berikutnya cabut memori card pindahkan isinya ke komputer/laptop dan format ulang sehingga kosong seperti biasa. Kalau takut komputer tertular virus cs bisa gunakan flashdisk OTG untuk mentransfer data. Kemudian lakukan format sc card dengam ponsel itu saja.

Kalau komputer anda terinstal anti virus yang handal bisa digunakan untuk melakukan scan terhadap ponsel melalui konektor kabel USB. Ponsel yang terkoneksi seperti ini jika dapat dibaca oleh komputer sebagai salah satu drive maka proses scanning dapat berjalan lancar. Virus memiliki kemampuan untuk dapat berjalan di banyak sistem operasi, sehingga mudah-mudahan dikenal dan terdata didatabase anti virus yang terpasang dikomputer kita, sehingga virus dapat dilumpuhkan.

Kalau cara diatas tidak efektif maka bisa dilakukan cara lain yaitu setelah sd card diformat dan offline, lakukanlah instal kembali ke setelan pabrik. Jika kembali le setelan pabrik ini membutuhkan koneksi internet, baru koneksi diaktifkan. Segera matikan koneksi jika kembali ke setelan pabrik sudah tidak membutuhkan.

Jika sistem operasi Android sudah normal segera instal anti virus terpercaya, dan langsung melakukan scan menggunakan anti virus yang baru terinstal tersebut.

Sampai tahap ini silahkan masukkan kembali SD Card dan lakukan lagi scanning anti virus ke SD Card tadi. Jika semua proses sudh dilalui mudah-mudahan ponsel kita sudah bersih, tapi ingat jangan instal aplikasi sembarangan lagi.