Ingin Mengenal Bahasa Pemprograman PHP?

Salah satu bahasa pemprograman yang saat ini semakin booming yaitu PHP (Hypertext Preprocessor). Bahasa pemprograman yang banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi webbase ini sering digabungkan bersama bahasa pemprograman lain yaitu HTML dan Java Script. Ibarat sebuah mobil sasis dan bodi mobil itu terdiri dari HTML dan Javascript, sedangkan mesin dan berbagai perangkat penting lainnya dibangun dengan PHP.

Bahasa Pemprograman PHP
Ilustrasi. Bahasa Pemprograman PHP

Sebanarnya selain PHP banyak bahasa pemprograman lain yang digunakan untuk membangun aplikasi atau situs. Contohnya ASP (Active Server Pages), JSP (Java Server Pages), Ruby, Perl, Cold Fusion dan masih banyak lagi lainya. Sampai sekarang ini terus bermunculan juga kode bahasa yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi webbase. Tentunya karena aplikasi webbase harus menggunakan tools seperti browser maka kode bahasa itu harus mendapatkan dukungan dari browser yang umum digunakan di masyarakt.

Pada mulanya PHP masih bernama Form Interpreted (FI) sebelum menjadi singkatan dari Personal Home Page (Situs Personal), apalagi  singkatan seperti saat ini PHP yang berakronim Hypertext Preprocessor. Form Interpreted (FI)  yang merupakan cikal bakal PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu FI juga hanya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data formulir pada aplikasi web.

Pada tahap selanjutnya Rasmus mulai menamakan PHP/FI pada bahasa pemprograman yang dibuatnya. Bahasa PHP/FI mulai dirilis dan digunakan untuk umum. Banyak programer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP/FI. Pada bulan November 1997 dikeluarkan versi baru PHP/FI 2.0. Versi ini sudah dilengkapi dengan modul ekstensi yang meningkatkan efektifitas PHP/FI.

Di tahun itu juga yaitu 1997,  perusahaan Zend meredesign ulang system pengkodean PHP sebagai bahasa pemprograman interpreter. Hasilnya bahasa program ini lebih bersih, terstruktur dan lebih cepat.  Di bulan Juni 1998, perusahaan Zend kembali merilis interpreter PHP dan meresmikannya sebagai PHP versi 3.0 dengan menggunakan akronim seperti sekarang ini Hypertext Preprocessor.

Dari sekian banyak bahasa  pemprograman untuk membangun situs/web tersebut PHP bisa dibilang banyak memiliki kelebihan. Seperti bahasa PHP terdiri dari kode script yang dapat berjalan dan tidak perlu dikompilasi. Bahkan untuk membuatnya pun tidak mengharuskan adanya sebuah aplikasi yang sangat canggih.

Sebuah NotePad yang ada di system operasi Windows pun sudah dapat digunakan untuk membuat sebuah program web dengan kode-kode PHP. PHP juga bahasa yang bebas digunakan secara free, sehingga pengembangan sebuah web dengan berbasis PHP tentu akan berbiaya murah.

Kelebihan lainnya pada bahasa PHP adalah cukup familier pada berbagai browser popular di seluruh dunia. Seperti kita ketahui ada banyak browser yang umum digunakan, seperti Crome, Mozila Firefox, Safari, Internet Explorer, Opera, Vivaldi, Yandex, Lynx, UC dan sebagainya. Semua aplikasi itu memberikan dukungan penuh terhadap kode-kode PHP dari sejak versi awal sampai versi PHP mutakhir PHP 7, tetapi  tentunya untuk menjalankan aplikasi berbasis PHP 7 harus dengan browser yang upto date