Hati-Hati Menggunakan Publik Wifi

Sering kali pada saat kita berada di luar dan sedang menunggu sesuatu mencoba mengaktifkan fitur wifi gatget kita. Bermunculanlah berbagai nama-nama asing yang sering kali tidak pernah kita lihat. Tetapi untuk tempat-tempat publik resmi seperti bandara ada juga fasilitas wifi gratis yang memang disediakan.
Free Wifi
Ilustrasi. Free Wifi
Ada kalanya kita terbesit ingin mencoba salah satu dari berbagai nama wifi yang sedang aktif dan terdaftar dalam fitur wifi hp kita. Stop! Hati-hati untuk melakukan seperti itu karena ada banyak resiko malwere yang akan kita hadapi.

Jaringan wifi yang ada di area publik melalui hub access point biasanya akan terhubung dengan server yang berada disuatu tempat. Tidak semua server yang terkoneksi dengan jaringan wifi publik dapat dipercaya. Ada kalanya kita dipaksa untuk melakukan sign atau kita diminta mendaftarkan diri dengan memasukkan email dan membuat password.

Malwere cerdas dapat mendeteksi email dan password yang akan dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab kapan saja. Apalagi bagi user yang malas untuk mengingat banyak password sehingga dimana pun dan untuk apapun selalu menggunakan password yang sama. ini sangat berbahaya.

Terkadang juga kita diminta untuk mengklik suatu link yang akan mengarahkan kita pada suatu aplikasi. Hati-hati jika kemudian kita diminta untuk sign ulang kembali pada aplikasi Facebook atau WA, padahal hp kita sudah membuka aplikasi itu sebelumnya. Sebaiknya jangan diklik link semacam itu. Atau ada juga cara yang lebih rapih dengan link sejenis iklan yang memancing kita untuk menklik, maka sebaiknya juga jangan diklik.

Satu hal lagi yang sangat penting jangan pernah menggunakan jaringan wifi gratis untuk  melakukan transaksi perbankan yang menggunakan kartu kredit atau masuk ke daring penjualan sejenis Amazon atau lainnya karena terkoneksi dengan kartu  kredit pengguna atau juga dengan akun bank pengguna. Transaksi pada jaringan seperti ini sangat rentan diretas atau disusupi oleh malware dari hacker.

Upaya agar dapat menghindari berbagai serangan malwere atau diretas diwifi umum bisa juga dengan memperkuat pertahanan komputer kita dengan menggunakan seting Windows Farewall yang diaktifkan. Bisa juga dengan menggunakan akses terenkripsi VPN berbayar.  Cara lain juga bisa dengan memasang anti virus internet security, contohnya seperti McAfee, Avira atau Sophos. Akan lebih efektif dan kuat lagi jika dilakukan kombinasi dari beberapa cara di atas.

Tentunya upaya dengan pencegahan menggunakan tools tidak selamanya juga kuat, karena banyak cara bagi seorang hacker untuk melakukan aksisnya, sehingga akan lebih baik dan bijakjika kita menghindari ruangan cyber space gratisan seperti wifi publik.