Ingin Akses PDF Secara Mudah di Komputer? Gunakan Adobe Reader

Adobe Reader adalah perangkat lunak dari keluarga Adobe Acrobat yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Aplikasi ini disediakan secara gratis/free untuk dipakai oleh pengguna. Software ini berguna untuk membaca file dengan extensi PDF,  memberi notasi, mencari, verifikasi, menandai secara digital dan juga mencetak.
Adobe Reader
Ilustrasi. Adobe Reader 7.0

File ini dapat disimpan dan dibaca di smartphone dan dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Dokumen ini juga bisa dikirimkan ke berbagai aplikasi daring sehingga sangat memudahkan dan membantu proses kerja kita.

Untuk kali ini Penulis menggunakan Adobe Reader 7.0. Kalau pembaca bisa menggunakan Adobe Reader sampai yang versi terakhir untuk saat ini sampai yang ke Adobe Reader 10.0. Ingin menginstal bisa lakukan langkah-langkah mudah berikut ini.

Langkah-langkah instalasinya adalah sebagai berikut :
1. Pada Windows Explorer, masuklah ke dalam folder Adobe Acrobat Reader 7.0. Lalu Double klik pada Acrobat 7.0 full.exe seperti pada diabawah ini:


2. Lakukan double click pada posisi kursor yang berada pada file master Adobe Acrobat Reader, sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut:


3.  Proses instalisasi mulai berjalan untuk memindahkan file-file utama yang dibutuhkan ke dalam komputer /laptop kita. Tunggu beberapa saat. Kemudian akan muncul seperti gambar berikut ini:

4.  Sampai tahap ini tetap tunggu karena proses instalisasi aplikasi sedang berjalan. Setalah proses ini selesai maka akan keluar tampilan seperti berikut ini:

5.  Proses instalisasi selesai, dan memasuki  proses setup dan masih membutuhkan tindakan kita dengan mengklik next.

6. Proses setup seperti terlihat pada gambar akan memunculkan jendela dengan tulisan selamat datang yang masih meminta kita untuk mengklik Next.  Kemudian akan muncul tampilan berikut ini:


7. Pada tahap ini kita diminta untuk melakukan setup lokasi file program aplikasi yang kita inginkan, tetapi jika tidak ada perubahan, lanjutkan dengan mengklik next lagi.


8. Sampai tahap ini merupakan tahap yang penting untuk melakukan perintah instal aplikasi. Silahkan klik instal. Tunggu sampai proses instalisasi selesai dan muncul tampilan sebagai berikut:


9. Samapai tahap ini tinggal klik Finish saja yang artinya proses instalisasi sudah selesai.

Setelah Adobe Reader sudah berada di komputer maka setiap kita mendapatkan kiriman file PDF maka akan secara otomatis Adobe Reader membuka untuk membaca PDF tersebut.  Bagi pembaca yang ingin melakukan perubahan isi dari file PDF maka cukup mudah dapat kita lakukan perubahan dan simpan kembali file dokumen PDF yang kita miliki.