Tips Keluar Group WhatsApp Tanpa Diketahui

Terkadang secara tiba-tiba kita menerima motifikasi bahwa kita sudah masuk dalam group WhatsApps yang tidak pernah kita minta. Mungkin ada teman atau patner kerja kita yang memasukkan kita ke group.

Kalau kita rasa bermanfaat berada di WAG tersebut atau merasa nyaman mungkin tidak masalah, tetapi kadang tidak demikian. Kita merasa terganggu dengan notifikasi terus menerus, ponsel kita cepat penuh dengan kiriman gambar dan video. Apalagi yang diskusikan juga hal yang kurang kita minati.

Group WhatsApp
Ilustrasi. Group WhatsApp

Akhirnya kita memutuskan untuk keluar dari group tersebut tetapi bagaimana kita merasa tidak enak dengan teman kita tersebut atau teman lainnya.

Sebenarnya ada tips untuk keluar diam-diam tanpa diketahui oleh admin group dan juga para anggota. Apalagi jika anggotanya sangat banyak, turunnya jumlah anggota tentu banyak yang tidak menyadari, karena dengan tips ini WhatsApp tidak akan memberiakan notifikasi dan informasi ke anggota group bahwa kita sudah keluar.

Biasanya jika kita keluar dengan cara biasa maka informasi ini akan disampaikan ke anggota group dengan pesan "Anda keluar", anggota group akan heboh, karena keluar group akan terkesan sedang marah atau menunjukkan rasa tidak suka yang terang-terangannya, tentumya ini dianggap kurang sopan..

Akan banyak yang bertanya kenapa keluar dan sebagainya. Ada juga yang malah dimasukkan lagi oleh adminnya. Kalau sudah begini malah kita jadi tidak enak dengan para anggota dan jadi serba salah.

Tips ini sangat mudah. Anda hanya menyiapkan nomor sementara untuk menggantikan nomor lama yang sudah terdaftar di WhatsApp. Kemudian nanti akan dikembalikan lagi ke nomor yang lama setelah Anda statusnya keluar dari Group tersebut.

Langkah pertama adalah mengganti ke nomor sementara. Cara penggantian nomor dilakukan melalui menu "Setting/Setelan" yang berada di pojok kanan atas menu WhatsApp Anda, kemudian masuk ke "Akun" dan selanjutnya masuk ke "Ganti Nomor".  Sampai tahap ini kita diminta untuk memasukkan nomor yang baru dan kemudian dilakukan verifikasi untuk memastikan bahwa nomor yang dimasukkan adalah memang nomor yang kita miliki.

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan menghapus data WhatsApp. Untuk menghapus data baik di RAM ponsel maupun dimemori ponsel dengan menggunakan fitur yang ada di Android, yaitu Manager Aplikasi. Langka awalnya masuk dulu ke menu "Pengaturan" pada Android, kemudian masuk ke menu "Aplikasi."  Setelah itu cari aplikasi WhatsApp dan pilih.

Pada tahap ini kita masuk ke menu info aplikasi, didalamnya ada pilihan menu "Penyimpanan". Pilih dulu penyimpanan kemudian tap "Hapus Data".

Tahap selanjutnya kembali masuk WhatsApp dengan kondisi seakan-akan kita masih baru. Masuk dan mendaftar dengan nomor sementara seperti biasa yang pernah kita lakukan. Setelah akun WhatsApp aktif maka nomor sementara tadi kita ganti dengan nomor yang sesunggunya.