Bagaimana Cara Setting Dark Mode WhatsApp Web?

Kenyamanan pengguna WhatsApp ternyata menjadi isu penting bagi pengembang WhatsApp agar aplikasi yang awalnya berflatform chating ini terus diminati pengguna. Untuk urusan kenyamanan ini tidak hanya difokuskan untuk WhatsApp versi mobile, tetapi juga untuk WhatsApp Web.

Dark Mode pada WhatsApp Web
Ilustrasi. Dark Mode pada WhatsApp Web

Pengguna WhatsApp Web juga semakin banyak terutama dikalangan profesional. Bahkan menggunakan aplikasi ini sebagai bagian dari aktifitas kerja dikantor. Awalnya versi web ini terkesan sebagai pendamping dari versi asalnya yaitu versi mobile di perangkat handphone, tetapi faktanya tidak seperti itu. Sebagai bukti fitur untuk aksi drag and drop untuk mengantarkan file secara mudah ke patner kerja membuat WhatsApp Web menjadi aplikasi favorite bagi para profesionsl.

Ada sisi lain rupanya yang mendorong pengembang WhatsApp untuk terus meningkatkan kenyamanan itu, yaitu kesehatan mata pengguna. Tingkat penggunsan WhatsApp yang semakin tinggi membuat mata pengguna semakin sering terpapar radiasi cahaya layar komputer atau laptop.

Warna putih dan abu-abu di interface WhatsApp memberikan efek lelah pada mata pada penggunaan dengan durasi yang lama, sehingga perlu mengganti putih dan abu-abu menjadi warna hitam.

Berikut ini Tim Webbasemedia membeberkan cara seting agar WhatsApp Web di komputer kita dapat berlatar hitam dengan fitur baru Dark Mode. Fitur ini bertujuan agar pupil mata kita tidak keras bekerja melawan intensitas tinggi warna layar terang.

Seperti yang disampaikan akun resmi WhatsApp yang disampaikan pada hari Kamis 2 Juli 2020 lalu, akun tersebut menulis "Hari ini dengan bangga kami mengonfirmasi beberapa fitur baru yang akan diluncurkan beberapa pekan mendatang."

Bagaimana cara setting dark mode? Langkah pertama masuk dulu melalui aplikasi browser dan mengakses https://web.whatsapp.com. Masuk seperti biasa dengan membuka menu di setting WhatsApp Web dengan menscan kode barcode yang tersedia di WhatsApp Web.

Langkah berikutnya setelah aplikasi WhatsApp Web sudah ready, pada menu tiga tidik vertikal yang ada di atas interface lakukan tap, kemudian pilih Settings. Selanjutnya muncul pilihan Theme, silahkan tap.  Sehingga nanti muncul tampilan seperti menu berikut ini:
Dark Mode di WhatsApp
Menu pilihan Light atau Dark pada Dark Mode di WhatsApp
Tinggal pilih saja dengan melakukan tap pada pilihan dark, maka background pada antar muka WhatsApp Web akan berubah lebih gelap. Tidak begitu hitam betul dan motif batik pada background masih terlihat jelas, seperti terlihat dibawah ini:

Menu pilihan Light atau Dark pada Dark Mode di WhatsApp Web
Menu pilihan Light atau Dark pada Dark Mode di WhatsApp Web

Silahkan mencoba.